Minggu, 23 November 2014

Proses migrasi ras proto-melayu dan deutro-melayu



Proses migrasi ras proto-melayu dan deutro-melayu

Berdasarkan hasil berbagai penyelidikan sejarah perba terutama yang dilakukan oleh sejarawan belanda van heine goldren diterangkan bahwa sejak tahun 2000 sebelum masehi yang bersamaan dengan zaman neolithikum . sampai dengan tahun 500 awal masyarakat awal didunia yang sebelum masehi yang bersamaan dengan zaman perunggu ,mengalirlah gelombang perpindahan penduduk dari asia kepulau sebelum daratan (selatan ) asia .
Pulau-pulau disebelah selatan asia tersebut austronesia ( austro artinya selatan , nesos artinya pulau ) . bangsa yang mendiami daerah austronesia disebut bangsa austronesia , bangsa austrinesia mendiami wilayah yang sangat luas . meliputi pulau-pulau yang membentang dari madagaskar (sebelum barat ) sampai kepulau paskah (sebelum timur) dan taiwan ( sebelah utara ) sampai selandia baru (sebelah selatan) .
Perpindahan penduduk gelombang kedua terjadi pada tahun 400-300 sebelum masehi bersamaan dengan zaman perunggu perpindahan ini membawa kebudayaan perunggu , seperti kapak sepatu dan neraka atau genderang yang berasal dari daerah dong son ,oleh karena itu kebudayaan perunggu diindonesia juga disebut kebudayaan dong son .
Orang-orang austronesia yang memasuki wilayah nusantara dan kemudian menetap disebut bangsa melayu indonesia , mereka inilah yang menjadi nenek moyang langsung bangsa indonesia sekarang .
1.     Bangsa melayu tua ( proto-melayu )
Bangsa melayu tua adalah orang-orang austronesia dari asia yang pertama kali datang ke nusantara pada sekitar tahun 1500 sm . bangsa melayu tua memasuki wilayah nusantara melalui dua lajur yaitu lajur barat melalui malaysia –sumatra dan jalur utara atau timur melalui filipina-sulawesi .
Bangsa melayu tua memiliki kebudayaan yang lebih tinggi dari pada manusia purba . kebudyaan bangsa melayu tua disebut kebudayaan batu bara/neolithikum meskipus hampir segala peralatan mereka tersebut dari batu tetapi pembuatannya sudah dihaluskan .
Hasil budaya zaman ini yang terkenal adalah kapak persegi yang banyak ditemukan diwilayah indonesia dibagian barat (sumatra , jawa , kalimantan , bali ) .menurut peneliti van heekeren dikalumpang (sulawesi utara ) telah terjadi perpaduan antara kapak persegi dari kapak lonjong yang dibawa oleh orang-orang austronesia yang datang dari arah utara indonesia atau melalui filipina dan sulawesi .
     Suku bangsa indonesia yang termasuk keturunan bangsa proto melayu adalah suku dayak dari toraja .
2.     Bangsa melayu muda ( deutra-melayu )
Pada kurun waktu tahun 400-300 sm adalah gelombang kedua nenek moyang bangsa indonesia muda ( deutro-melayu ) berhasil berdesak dari berasimilasi dengan pendahuluan nya bangsa proto-melayu .

1 komentar: